Siaga Corona

Kabupaten Melawi

Pasien Positif Corona Nihil, Dinkes Melawi Data 48 ODP dan 1 PDP

Pasien Positif Corona Nihil, Dinkes Melawi Data 48 ODP dan 1 PDP

Dinkes Melawi - Minggu, 12 April 2020 pukul 23.48

20/03/2020, Melawi (Suara Kalbar) - Hingga saat ini di Kabupaten Melawi masih belum ditemukan pasien positif Corona (Covid 19).

Namun demikian dari hasil laporan Masyarakat secara pasif kepada pihak Dinas Kesehatan dan Gugus Tugas pencegahan Covid 19, sudah terdata sebanyak 48 orang dalam pengawasan (ODP) dan satu orang pasien dalam pengawasan (PDP).

"48 ODP dan 1 PDP itu mereka yang lapor ke kita bahwa habis pulang dari luar daerah terdampak Covid 19 ,termasuk pontianak," ungkap Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Melawi, dr Ahmad Jawahir, Jumat (20/3/2020).

Dikatakannya, 48 ODP saat ini sedang isolasi diri dirumah dan dipantau. Sedangkan untuk 1 pasien dalam pengawasan (PDP) sedang dalam perawatan medis di rumah sakit dan lagi menunggu hasil uji lab Kementrian Kesehatan.

"Tentu harapan kita 1 PDP itu, hasil tes swab (hapusan lendir tenggorok,red) uji labnya nanti bisa Negatif. Dan saat ini terus diawasi kesehatannya," bebernya.

Berdasarkan data tersebut, pihaknya akan terus meningkatkan kewaspadaan sehingga tidak terjadi kecolongan pasien yang positif.

"Jadi harus diketahui masyarakat bahwa, di Melawi belum ada ditemukan yang positif Covid 19. Untuk itu mari kita bersama sama untuk mencegahnya," ajaknya.

Ahmad Jawahir juga menghimbau kepada masyarakat agar selalu memeriksakan kesehatan di puskesmas-puskesmas, jika mengalami gejala-gejala yang mengarah pada Covid 19.

Pihaknya juga meminta kepada masyarakat Melawi agar melaporkan dirinya kepada Dinas Kesehatan atau tim Gugus Tugas Covid 19 jika habis bepergian dari daerah terpapar. Agar bisa menekan laju penyebaran.

"Mencegah lebih baik dari mengobati. Jadi mari kita memproteksi diri," pungkasnya.



Penulis  : Dea Kusumah Wardhana
Editor    : Dina Wardoyo