Siaga Corona

Kabupaten Melawi

Apel Gelar Pasukan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Melawi

Apel Gelar Pasukan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Melawi

Dinkes Melawi - Senin, 13 April 2020 pukul 01.26

28/03/2020, humaspemkabmelawi, Bupati Melawi, Panji, S.Sos bersama Kapolres Melawi, AKBP Tris Supriadi, S.H.,S.I.K.,M.H dan Dandim 1205 Sintang, Letkol Inf Eko Bintara Saktiawan memimpin apel gelar pasukan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Pandemi COVID-19 dalam rangka upaya pencegahan penyebaran COVID-19 di Kabupaten Melawi. Apel tersebut dilaksanakan di halaman rumah jabatan Bupati Melawi, sabtu (28/03). Bupati Melawi dalam sambutannya berharap agar seluruh masyarakat di Melawi, agar tidak perlu panik namun tetap waspada dalam menghadapi ancaman virus corona. “Masyarakat saya minta membiasakan berprilaku hidup bersih dan sehat, tetap jaga kebersihan, lakukan cuci tangan sesering mungkin,” pintanya.

Selain itu, Bupati juga mengungkapkan akan segera menerbitkan peningkatan status dari Tanggap Darurat menjadi KLB. Penetapan KLB akan diiringi dengan sejumlah langkah lainnya serta persiapan anggaran untuk memenuhi kebutuhan dalam penanggulangan Covid-19. Salah satunya dengan membangun SOP serta menghimbau seluruh masyarakat untuk melakukan karantina mandiri di rumah sejak Senin (30/3) lusa. Selain itu, akan dibangun posko pemeriksaan di gerbang masuk Kabupaten Melawi.
Bupati juga menambahkan bahwa Pemkab akan memangkas anggaran belanja barang dan jasa pada APBD 2020 sekitar 10% dari 239 milyar dan akan dialokasikan untuk penanganan dan pencegahan COVID-19, besaran anggaran tersebut mencapai 23,9 milyar yang akan diperuntukkan untuk pengadaan APD bagi tenaga medis, obat-obatan, kebutuhan posko pemeriksaan dan rumah sakit.
Selain itu, Panji meminta kepada masyarakat, untuk bersama-sama berdoa, semoga Kabupaten Melawi, dilindungi dan terhindar, serta wabah ini dapat segera berakhir.

Mengakhiri sambutannya, Bupati mengucapkan terima kasih kepada seluruh tim gugus tugas penanganan COVID-19 atas kerja keras dan kerjasamanya untuk mencegah penyebaran COVID-19 di Kabupaten Melawi.